Print this Page

Salam

Menuju Masyarakat ‘Cinta Membaca dan Menulis’

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah! Mari terus bersyukur atas ni’mat Allah yang tak bertepi. Lalu, kepada Uswatun Hasanah, mari bershalawat, Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad.
Aktivitas membaca dan menulis -terutama bagi seorang Muslim- harus dilakukan secara bersamaan. Sebab, membaca dan menulis itu ibarat dua sisi dari sebuah mata-uang. Satu dan yang lainnya saling melengkapi, tak boleh tiada salah satunya dan apalagi dua-duanya.
Terdorong oleh semangat bahwa aktivitas membaca dan menulis tak boleh berhenti, maka situs ini saya aktifkan. Dengan tagline “Berbagi Spirit Membaca dan Menulis”, situs ini saya niati, pertama, sebagai salah satu media untuk mendokumentasikan (sebagian) karya tulis saya, baik yang pernah dimuat media cetak ataupun yang tidak. Kedua, sebagai sarana untuk (saling) berbagi informasi / ilmu.
Dalam konteks ini, saya benar-benar terinspirasi oleh ajaran ini: Pertama, “Bacalah dengan  (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan” (QS Al-‘Alaq [96]: 1). Kedua, “Nun, demi kalam dan apa yang mereka tulis” (QS Al-Qalam [68]: 1). Ketiga, “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS An-Nahl [16]: 125).
Sungguh, spirit untuk tekun membaca dan serius menulis dalam bingkai semata-mata untuk mengharap ridha Allah, menurut hemat saya, penting dan perlu untuk terus di-‘teriak’-kan. InsyaAllah, kedua aktivitas itu, jika kita amalkan secara istiqomah, akan bisa melahirkan sebuah peradaban yang mulia.
Sekalipun saya merasa terlambat dalam memulai aktivitas menulis secara serius (yaitu saat berusia 35 tahun), alhamdulillah, kini ratusan artikel bertema dakwah dan sosial-kemasyarakatan telah saya tulis. Sebagian dimuat di media cetak seperti Jawa Pos, Radar Surabaya, SURYA, atau Majalah Hidayatullah, Sebagian lagi di media online seperti www.hidayatullah.com dan www.inpasonline.com (milik Institut Pemikiran dan Peradaban Islam).
Semoga, situs ini bisa menjadi sumbangsih kecil-kecilan bagi sesama. Sebab, sayapun jika sedang membutuhkan informasi/kajian tertentu, maka salah satu sumber referensi yang mudah diakses adalah internet.
Situs ini saya sajikan dengan rubrikasi sebagai berikut: 1). Di Balik Buku. Di bagian ini saya turunkan berbagai artikel yang mengupas berbagai hal yang bersinggungan dengan dunia buku. 2). Energi Doa. Di rubrik ini, saya tuliskan sejumlah naskah doa untuk berbagai situsai. Misal, saat melayat atau mengantar jenazah ke pemakaman. 3). Figur Inspiratif. Di ‘wilayah’ ini, saya publikasikan (secuil) kisah dari berbagai tokoh yang semoga dapat menginspirasi kita untuk hidup lebih baik, lebih Islami. 4). Gelora Opini. Di rubrik ini saya ‘awet’-kan berbagai opini saya di bidang sosial-kemasyarakatan, baik yang pernah dimuat media cetak atau online maupun yang tidak. 5). Getar Jum’at. Sesuai namanya, rubrik ini saya niatkan untuk memuat naskah yang -secara khusus- bisa dipakai oleh siapapun yang sedang mencari bahan untuk khutbah Jum’at. Namun demikian, yang bukan khotib, tentu saja tetap dapat mengambil manfaat juga. Di bagian ini saya himpun naskah yang dimuat Lembar Jum’at HANIF yang beredar tiap Jum’at di sejumlah masjid di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. 6). Dua ‘Id. Di ruang ini saya dokumentasikan naskah khutbah ‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha. 7). Yuk, menulis … . Di ruang ini dapat ditemui informasi tentang kemungkinan silaturrahim kita bisa bertambah dekat lewat –misalnya- sebuah forum pertemuan dengan agenda pembicaraan “Bagi-bagi pengalaman cara menulis artikel dan kiat menembus media”.
Demikian, selamat menikmati dan semoga bermanfaat. Terakhir, segala tegur-sapa terutama yang didasari semangat “Saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran” akan saya balas dengan doa: Jazakumullah khairan katsiran! Semoga Allah meridhai usaha ini. Aamiin []

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Surabaya, 1 Muharram 1432 (7 Desember 2010)

M. Anwar Djaelani

Permanent link to this article: http://www.anwardjaelani.com/salam/